KPU Kabupaten Brebes
• PKPU No 1 Tahun 2017 Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 unduh• Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 perihal Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 Unduh

RAPAT KOORDINASI DALAM RANGKA PENATAAN DAERAH PEMILIHAN DAN PENGHITUNGAN ALOKASI KURSI PADA PEMILU TAHUN 2019

IMG 3477

Selasa (28/11) mulai pukul 09.00 WIB,Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muammar Riza Pahlevi, S.IP bersamakomisionernya memimpin Rapat Koordinasi Dalam Rangka Penataan Daerah Pemilihan dan Penghitungan Alokasi Kursi Pada Pemilu Tahun 2019 yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes yang berlangsung di Hotel Anggraeni Jatibarang, Brebes.

Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muammar Riza Pahlevi dalam pengantarnya menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Brebes bermaksud menyerap berbagai data dan informasi terkait dengan penataan daerah pemilihan. “Dalam pemilu legislatif, dapil ibaratnya adalah arena laga atau daerah pertempuran memperebutkan kursi dari setiap partai politik untuk menempatkan wakil-wakilnya di DPRD. Daerah pemilihan di kabupaten/kota adalah kecamatan atau gabungan kecamatan,” ujar Riza.

Sebelum para pihak terkait menyampaikan data dan informasi,Materi pertama dibawakan oleh Ahmad Hanfan membahas mengenai Mekanisme Kerja Dalam Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Dalam Pemilu 2019. Dengan Landasan Hukum Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan KPU nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu.Salah satu substansi yang disampaikan adalah 7 (tujuh) asas penataan daerah pemilihan Anggota DPR/DPRD. Prinsip-Prinsip Penataan Dapil dan Alokasi Kursi, yaitu:

-Kesetaraan nilai suara

-Ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional

-Interalitas wilayah

-Berada dalam cangkupan wilayah yang sama

-Kohesivitas

-Kesinambungan dengan Pemilu sebelumnya

Ahmad Hanfan juga menyampaikan gambaran kebijakan umum penataan daerah pemilihan (dapil Selain itu juga disampaikan proyeksi dapil Anggota DPRD Kabupaten Brebes pada Pemilu 2019 yang masih didasarkan pada data agregat kependudukan Kabupaten Brebes semester pertama tahun 2017.“Untuk finalnya KPU Brebes masih menunggu DAK2 yang selambatnya akan diterima pada 17 Desember 2017 mendatang,” jelas Hanfan.

Materi kedua dibawakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil membahas mengenai Data Kependudukan yang masih menggunakan Surat Keterangan Pengganti KTP diharapkan sudah menggantinya dengan blangko E-KTP yang sudah disediakan oleh DISDUKCAPIL terkait dengan adanya Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Gubernur pada 27 Juni 2018 nanti.

Rakor tersebut dihadiri Partai Politik, Perwakilan Panwas, Instansi terkait, Media, dan beberapa tokoh masyarakat. Sebagai narasumber adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Brebes.

Pemberitahuan Kepada Pimpinan Partai Politik Pasca Putusan Bawaslu RI

Berdasarkan Surat Edaran Ketua KPU Nomor 710/PL.01.1-SD/03/KPU/XI/2017 tanggal 18 November 2017 perihal Pelaksanaan Putusan Bawaslu, bahwa penerimaan Daftar Nama Anggota dan Salinan KTA dan KTP Elektronik/Surat Keterangan Anggota Partai Politik dilaksanakan pada tanggal 20 s.d. 22 November 2017. Download

Pelantikan dan Pembekalan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Brebes Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018

IMG 0758

Brebes, Minggu (04/11/2017). Bertempat di Aula Hotel Dedy Jaya Brebes sedikitnya 85 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dilantik. 85 orang orang ini berasal dari 17 kecamatan di Kabupaten Brebes dimana nantinya ditempatkan masing-masing lima orang per kecamatan.

Acara pelantikan ini dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi, S.IP dengan disaksikan oleh Wakil Bupati Brebes Narjo, SH beserta jajaran Forkopimda Brebes, para camat, para kepala dinas instansi terkait dan PANWAS Kabupaten Brebes. Pada kesempatan ini Wakil Bupati Brebes Narjo, SH dalam sambutannya mengharapkan agar penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 dapat berjalan jujur, adil, aman dan damai serta tentu saja lebih berkualitas di bandingkan dengan pemilihan umum yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Usai mengambil Sumpah dan Janji anggota PPK, ketua KPU Kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi, S.IP dalam sambutannya mengatakan, pelantikan para PPK ini bukan sekadar seremoni belaka melainkan ada makna dan tanggung jawab yang harus diemban oleh masing-masing pribadi. “Kami pilih sesuai kualitas dan aturan yang ada. Bagi PPK di 17 Kecamatan ini bertugaslah sesuai aturan, bekerjalah dengan cerdas dan jadilah selalu pribadi yang jujur dalam melaksanakan tugas. Pada momen Pilgub 2018 ini agar melaporkan setiap detail apa yang terjadi di seluruh kecamatan di Kabupaten Brebes.” jelasnya.

Setelah pelantikan, anggota PPK menandatangani Pakta Integritas yang berisi 6 poin yaitu, 1.Menyelenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil secara professional, efektif, dan efisien. 2.Memenuhi hak konstitusional masyarakat kabupaten brebes untuk dapat menggunakan hak pilihnya secara baik dan menjaga suara pemilih sebagaimana diatur dalam undang-undang. 3.Memperlakukan peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur jawa tengah tahun 2018 secara adil, imparsial, dan non partisan. 4.Menolak pemberian, permintaan dan perjanjian dalam bentuk apapun baik langsung atau tidak langsung yang member harapan dan menyimpang dari prinsip-prinsip pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang jujur dan adil. 5.Menegakkan kode etik terhadap setiap tahapan penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur jawa tengah tahun 2018. 6.Bekerja sampai berakhirnya masa jabatan dengan penuh tanggung jawab.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembekalan yang disampaikan para Komisioner. Pembekalan meliputi persiapan seleksi calon anggota PPS oleh PPK, Tugas PPK dalam Pilgub  Jawa Tengah Tahun 2018, Permasalahan Hukum dalam Pemilihan serta Tahapan Pilgub 2018.

Pengumuman Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Terpilih Se-Kabupaten Brebes Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018

Berdasarkan Hasil Rapat Pleno KPU Kabupaten Brebes tentang Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Terpilih Se-Kabupaten Brebes Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 sebagaimana tertuang dalam Berita Acara Nomor 044/PK.01-BA/KPU.Kab/XI/2017, KPU Kabupaten Brebes dengan ini mengumumkan nama-nama Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Terpilih Se-Kabupaten Brebes Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 sebagaimana terlampir. download di sini

Ralat Hasil Seleksi Administrasi Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kecamatan Songgom Pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018

PENGUMUMAN

NOMOR : 230/PP.05.3-SD/3329/KPU.Kab/XI/2017

TENTANG

RALAT HASIL SELEKSI ADMINISTRASI

CALON ANGGOTA PANITIA PEMUNGUTAN SUARA (PPS) KECAMATAN SONGGOM

PADA PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JAWA TENGAH TAHUN 2018

 

Unduh Pengumuman Ralat Seleksi Administrasi PPS Kecamatan Songgom

Unduh Lampiran Ralat Seleksi Administrasi PPS Kecamatan Songgom