KPU Kabupaten Brebes
• PKPU No 1 Tahun 2017 Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 unduh• Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 perihal Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 Unduh

JALAN SEHAT GERAKAN SADAR PILKADA SERENTAK 2018

gabungan jadi

Brebes, Minggu (29/10/2017). Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar acara jalan sehat serentak nasional di 171 daerah penyelenggara pemilihan kepala daerah (pilkada), Minggu (29/10/2017).

Khusus KPU Kabupaten Brebes, acara ini dipusatkan di Halaman Gedung Olah Raga Sasana Adhi Karsa Brebes, Minggu (29/10/2017) pagi.

Ribuan masyarakat Brebes dari berbagai lapisan antusias hadiri acara sebagai persiapan sambut pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018.

Dalam acara ini dihadiri oleh Forkompinda dan instansi terkait lainnya serta dari partai politik. Pelepasan ditandai dengan pengangkatan bendera start oleh Wakil Bupati Brebes Narjo, SE dan pejabat lainnya.

Ketua KPU Kab. Brebes menjelaskan, jalan sehat bertajuk “Gerakan Sadar Pilkada Serentak 2018” ini bertujuan untuk mensosialisasikan khususnya di Jawa Tengah yaitu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang rencananya akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Brebes mengatakan pemilih pemula, adalah pengalaman baru berpartisipasi pada pesta demokrasi. Untuk itu, beluI mengimbau para pemilih pemula untuk memberikan suara demi kesuksesan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 mendatang. ''Adik-adik pemilih pemula gunakan dan manfaatkan kesempatan ini, untuk keikutsertaan pesta demokrasi yang akan kita laksanakan nanti,'' imbau wakil bupati. ''Atas nama Pemerintah Kabupaten Brebes sangat diharapkan partisipasi seluruh masyarakat untuk turut serta mensukseskan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah 2018 sehingga ajang 5 tahunan tersebut dapat terlaksana dengan sukses dan lancar,'' ujarnya.

Dalam penyelenggaraan Pilkada serentak nantinya, Wakil Bupati memandang perlu diperhatikan stabilitas dan kondusifitas situasi daerah, khususnya daerah Brebes. Maka itu, ia mengharapkan kepada segenap masyarakat, terutama masyarakat Kabupaten Brebes untuk dapat berkontribusi dalam menciptakan Pilkada yang damai dan berintegritas, serta berbudaya, bermartabat dan beradab.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Brebes menyampaikan, Pilkada merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat di tingkat provinsi dan kabupaten. Ia menuturkan, jika gerak jalan santai yang dilaksanakan bukan sekedar agenda sesaat. Namun, merupakan pijakan awal dalam membangun gerakan sadar pilkada secara berkelanjutan.

Pencanangan Gerakan Pilkada Serentak 2018, juga dirangkai dengan penandatanganan Deklarasi Gerakan Pilkada Serentak 2018 yang ditandatangani perwakilan dari pra pemilih, pemilih pemula, pemilih marginal, pemilih keagamaan, pemilih disabilitas dan pemilih perempuan dan disaksikan oleh seluruh Komisioner KPU Kabupaten Brebes beserta jajarannya dan segenap unsur Forkopimda Brebes.