KPU Kabupaten Brebes
• PKPU No 1 Tahun 2017 Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 unduh• Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 perihal Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 Unduh

RAPAT KOORDINASI DALAM RANGKA PENATAAN DAERAH PEMILIHAN DAN PENGHITUNGAN ALOKASI KURSI PADA PEMILU TAHUN 2019

IMG 3477

Selasa (28/11) mulai pukul 09.00 WIB,Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muammar Riza Pahlevi, S.IP bersamakomisionernya memimpin Rapat Koordinasi Dalam Rangka Penataan Daerah Pemilihan dan Penghitungan Alokasi Kursi Pada Pemilu Tahun 2019 yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes yang berlangsung di Hotel Anggraeni Jatibarang, Brebes.

Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muammar Riza Pahlevi dalam pengantarnya menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Brebes bermaksud menyerap berbagai data dan informasi terkait dengan penataan daerah pemilihan. “Dalam pemilu legislatif, dapil ibaratnya adalah arena laga atau daerah pertempuran memperebutkan kursi dari setiap partai politik untuk menempatkan wakil-wakilnya di DPRD. Daerah pemilihan di kabupaten/kota adalah kecamatan atau gabungan kecamatan,” ujar Riza.

Sebelum para pihak terkait menyampaikan data dan informasi,Materi pertama dibawakan oleh Ahmad Hanfan membahas mengenai Mekanisme Kerja Dalam Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Dalam Pemilu 2019. Dengan Landasan Hukum Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan KPU nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu.Salah satu substansi yang disampaikan adalah 7 (tujuh) asas penataan daerah pemilihan Anggota DPR/DPRD. Prinsip-Prinsip Penataan Dapil dan Alokasi Kursi, yaitu:

-Kesetaraan nilai suara

-Ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional

-Interalitas wilayah

-Berada dalam cangkupan wilayah yang sama

-Kohesivitas

-Kesinambungan dengan Pemilu sebelumnya

Ahmad Hanfan juga menyampaikan gambaran kebijakan umum penataan daerah pemilihan (dapil Selain itu juga disampaikan proyeksi dapil Anggota DPRD Kabupaten Brebes pada Pemilu 2019 yang masih didasarkan pada data agregat kependudukan Kabupaten Brebes semester pertama tahun 2017.“Untuk finalnya KPU Brebes masih menunggu DAK2 yang selambatnya akan diterima pada 17 Desember 2017 mendatang,” jelas Hanfan.

Materi kedua dibawakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil membahas mengenai Data Kependudukan yang masih menggunakan Surat Keterangan Pengganti KTP diharapkan sudah menggantinya dengan blangko E-KTP yang sudah disediakan oleh DISDUKCAPIL terkait dengan adanya Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Gubernur pada 27 Juni 2018 nanti.

Rakor tersebut dihadiri Partai Politik, Perwakilan Panwas, Instansi terkait, Media, dan beberapa tokoh masyarakat. Sebagai narasumber adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Brebes.