KPU Kabupaten Brebes
• PKPU No 1 Tahun 2017 Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 unduh• Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 perihal Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 Unduh

SOSIALISASI PEMBENTUKAN BADAN PENYELENGGARA (PPK DAN PPS) PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019

Brebes (26/02/2018)- Menyambut agenda besar pesta demokrasi Pemilihan Umum 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes mengadakan sosialisasi kepada masyarakat yang terlibat menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara se-kabupaten Brebes. Acara dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yaitu pada hari Sabtu sampai hari Senen, tanggal 24-26 Februari 2018.

Acara hari pertama yaitu Sabtu, 24 Februari 2018 bertempat di Aula Hotel Anggraini Jatibarang Brebes, acara ini dihadiri oleh 87 orang peserta, dari total keseluruhan 102 orang peserta yang diundang. Peserta merupakan Ketua, anggota, dan Sekretaris PPK Kecamatan se-kabupaten Brebes.

Secara garis besar acara ini diadakan dengan maksud untuk mensosialisasikan metode dan tahapan pembentukan badan penyelenggara pemilu yang akan berlangsung pada tahun 2019 mendatang. Didalam tahapan tersebut akan diadakan evaluasi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang kemudian sebanyak 5 orang anggota PPK tersebut hanya akan diambil 3 orang untuk melanjutkan kinerjanya pada Pemilihan Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

“Kami akan melakukan evaluasi terhadap PPK dan PPS. Nanti silahkan dikoordinasikan apakah nanti ada bapak atau ibu yang tidak bersedia melanjutkan tugas menjadi PPK ataupun PPS. Karena tugas PPK dan PPS sekarang memiliki tugas yang berbeda, jadi para tenaga juga harus professional dan tahan akan tekanan dari berbagai kepentingan. Baik dari calon pemilih maupun dari 14 partai politik yang ada pada pemilihan umum 2019. Akan ada pelaksanaan tugas yang lebih banyak, berat dan bertekanan tinggi.” Demikian disampaikan Ketua KPU Kabupaten brebes, Muamar Riza Pahlevi, S.IP. pada sambutannya saat membuka acara sosialisasi tersebut.

Selanjutnya acara pada hari Minggu, 25 Februari 2018 bertempat di Aula Hotel Anggraini Jatibarang Brebes. Peserta yang diundang adalah para Panitia Pemungutan Suara (PPS) seluruh Kecamatan di Kabupaten Brebes bagian utara sebanyak 204 orang. Peserta yang hadir pada acara sosialisasi ini sebanyak 183 orang.

Hari terakhir pada rangkaian kegiatan sosialisasi pembentukan badan penyelenggara ini dilaksanakan di Eks Pendopo Kawedanan Bumiayu Brebes. Peserta yang diundang adalah para Panitia Pemungutan Suara (PPS) seluruh Kecamatan di Kabupaten Brebes bagian Selatan. Sebanyak 92 orang yang hadir dari total keseluruhan sebanyak 93 peserta. Acara hari ini sekaligus menutup rangkaian acara sosialisasi pembentukan badan penyelenggara PPK dan PPS untuk Pemilu Tahun 2019.