KPU Kabupaten Brebes
• PKPU No 1 Tahun 2017 Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 unduh• Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 perihal Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 Unduh

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPT)

Brebes (18/4) Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPT) di ruang Meeting Room Disperinaker Kabupaten Brebes yang dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi, S.IP. Acara dihadiri oleh Komisioner KPU Kabupaten Brebes Widiyawati, S.P, dan Ahmad Hanfan, SE, MM dan Moh. Subkhan, S. Si. Dihadiri pula Kasubbag Program dan Data, Heru Kristanto, S.Kom, Kasubbag Teknis, Akhmad Nuryanto, S. IP., dan Kasubbag Hukum, Iman Syah Budiono, SH. Serta Operator Mutarlih dan Ketua dan Divisi Program dan Data Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Brebes dan Kepala Dinas terkait.

Acara dimulai pada Pukul 13.30 WIB dengan diawali dengan sesi I oleh ketua KPU Kabupaten Brebes, pembukaan acara dan dilanjutkan dengan rapat pleno terbuka rekapitlasi DPSH dan penetapan DPT Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018.

Dalam sesi I ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi, S.IP. memberikan sambutan, mengenai data yang digunakan untuk pleno, beberapa kecamatan di Kabupaten Brebes masih menggunakan data manual/offline ketika melakukan Rekapitulasi. Kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan doa yang dipimpin oleh Saudara Dedi Pramono. Selanjutnya waktu diserahkan oleh moderator yaitu Muamar Riza Pahlevi, S.IP. kepada dengan Narasumber Widiyawati, S.P.

Materi yang akan disampaikan oleh Narasumber Widiyawati, S.P dalam sesi II, sesi diskusi Rapat Rekapitulasi DPSH dan Penetapan DPT Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018, diawali dengan pembacaan hasil rekap Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPSHP) hasil Pleno Kecamatan (PPK) yakni pemilih Kabupaten Brebes yang tersebar dalam 17 kecamatan, 297 Desa, 3087 TPS berjumlah 1.454.672 pemilih.

Kemudian dilanjutkan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) hasil upload data ke Sidalih, ditetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Brebes berjumlah 1.453.170 pemilih dengan Pemilih Laki-laki 731.008 pemilih dan Pemilih Perempuan 722.162 pemilih.

Selanjutnya, Panwas Kabupaten menyampaikan history perubahan data disertakan di dalam lampiran berita acara sebagai bukti otentik perubahan data, menganut kaidah PKPU dan dimunculkan By Name dari data yang selisih.

Masalah-masalah yang ada dilapangan yaituterjadinya selisih data pemilih dan rekapitulasi data perubahan yang berlangsung lambat.