• Peraturan KPU Nomor 32 Tahun 2018 perihal Perubahan Kedua atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Tahapan, Program dan jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 Unduh

KPU Adakan Evaluasi Fasilitasi Kampanye dan Tahapan Pemilu Tahun 2019

Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye dan Tahapan Pemilu Th 2019

30 Juli 2019 Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye dan Yahapan Pemilu Tahun 2019

            KPU Kabupaten Brebes menyelenggarakan Rapat Evaluasi Fasilitasi Kampanye dan Tahapan Pemilu Tahun 2019. Rapat yang dilaksanakan tanggal 30 Juli 2019 bertempat di Hotel Bahari Inn, Tegal dihadiri oleh Jajaran Forkopimda Kab Brebes, Kepala OPD dilingkungan Pemda Kab Brebes, Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilu 2019, Tokoh Masyarakat serta Pimpinan Media Massa dan Elektronik. Adapun narasumber yang hadir untuk menyampaikan materi yaitu Ibu Sri Nurokhmi Susilowati, M.Pd (Anggota KPU Kab Brebes Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM), Bapak IPTU Agus Priyono, SAP (Kaur MIN Bag Op Polres Brebes), Bapak Drs H Masfuri, MM (Staf Ahli Bidang Kesra Setda Kab Brebes) dan Bapak Wakro, SIP (Ketua Bawaslu Kab Brebes).

          Ketua KPU Kabupaten Brebes, Muamar Reza Pahlevi, SIP, MH dalam sambutannya menyampaikan catatan evaluasi pada tahapan kampanye kepada peserta rapat diantaranya APK yang difasilitasi oleh KPU berupa Baliho banyak yang tidak diambil dan dipasang oleh peserta pemilu 2019. Lebih lanjut beliau juga mengatakan bahwa APK yang dipasang peserta pemilu tidak pada tempat yang sudah ditentukan dan banyak peserta pemilu yang tidak lapor ke KPU sehingga jumlah APK yang dipasang melebihi batas yang ditentukan. Selain itu dalam sambutannya juga menyinggung tingkat partisipasi masyarakat untuk pemilu tahun 2019 sekitar 70% lebih rendah apabila dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Namun pengguna hak pilih untuk pemilu 2019 sekitar satu juta pemilih lebih tinggi dari pemilu sebelumnya yang hanya delapan ratus ribu pemilih.