• Peraturan KPU Nomor 32 Tahun 2018 perihal Perubahan Kedua atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Tahapan, Program dan jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 Unduh

KPU Sosialisasikan Hasil Pemilu 2019

smk al furqon 2smk muhammadiyah bumiayupaguyangan

 

BREBES – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Brebes selama dua hari, Rabu dan Kamis (11-12 September 2019) berkunjung ke sejumlah sekolah untuk mensosialisasikan hasil Pemilu 2019. Kegiatan tersebut merupakan agenda Rumah Pintar Pemilu (RPP) tahun 2019. Rencananya ada 12 sekolah yang akan dikunjungi untuk mensosialisasikan hasil Pemilu dan sekaligus pendidikan bagi pemilih pemula.

Ketua KPU Kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi mengatakan, sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat, khususnya pemilih pemula di tingkat SMA atau SMK, mengetahui hasil-hasil Pemilu 2019 yang baru saja usai. Dengan harapan mereka juga ikut mengontrol dan mengawasi anggota DPR dan DPRD yang sudah dilantik agar bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan aspirasi masyarakat.

“Selama dua hari, kita bagi tim untuk berkunjung ke sekolah, menyosialisasikan hasil Pemilu. Kita juga ajak generasi milenial ini untuk peduli terhadap Pemilu,” katanya.

Ada pun sekolah yang sudah dikunjungi yakni SMK Muhammadiyah Bumiayu, SMK Nurul Huda Paguyangan dan SMK Al Furqon Bantarkawung. Selanjutnya beberapa sekolah lainnya akan dikunjungi oleh tim KPU.

“Selain berkunjung ke sekolah-sekolah, kita juga mengundang mereka untuk datang ke KPU, belajar tentang Pemilu di KPU secara langsung,” ujarnya.

Dari hasil kunjungan tersebut, ternyata mendapat antusiasme dari para pelajar di sekolah tersebut. Itu terbukti dari banyaknya pertanyaan yang muncul dari pertemuan tersebut. Mereka juga sudah mempraktekkan Pemilu secara langsung itu melalui pemilihan Ketua Osis di sekolah masing-masing.

Dikatakan Reza, panggilan akrab Ketua KPU, bahwa KPU Kabupaten Brebes memiliki Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang berisi informasi seputar Pemilu, mulai dari Pemilu 1955 hingga Pemilu terakhir tahun 2019.

“Di Rumah Pintar Pemilu ini, selain berisi data-data Pemilu yang tertulis, juga kita buatkan audio visualnya. Sehingga menarik untuk dikunjungi. Kita siap menerima kunjungan siswa, mulai dari PAUD sampai mahasiswa,” katanya menambahkan.

Sekedar diketahui, kantor KPU Kabupaten Brebes sekarang menempati gedung baru di Jalan Yos Sudarso, perempatan Islamic Center ke utara, atau di sebelah selatan KUA Brebes. (*)