• Waspada Covid19 | Rajin Cuci Tangan | Pakai Masker | Physical Distancing | Jaga Imunitas | #DirumahAja

Peran Media dalam Pilkada ditengah Pandemi COVID-19

2020 07 15.01

Brebes- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah kemarin Kamis (16/7) menggelar seminar daring dengan mengusung tema “Literasi Elektoral Peran Media dalam Pilkada” yang diikuti oleh seluruh KPU kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Acara yang dipandu langsung oleh anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Diana Ariyanti ini merupakan kewajiban sebagai penyelengara pilkada guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu maupun pilkada. Dalam hal ini, KPU Brebes meskipun tidak menyelenggarakan pilkada tahun ini tetap ikut mensosialisasikan tahapan pilkada serentak tahun 2020 ini yang diselenggarakan 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah. “Terimakasih untuk KPU kabupaten/kota yang tahun ini tidak menyelengarakan pilkada tapi tetap semangat ikut mensosialisasikan tahapan pilkada sekarang ini” kata Diana.

2020 07 16.02Ketua KPU Brebes Muamar Riza Pahlevi dengan jajarannya mengikuti seminar daring Literasi Elektoral Peran Media dalam Pilkada, kamis (16/7).

Peran media saat ini sangat penting untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, dalam hal ini KPU dituntut berperan masif dan kreatif dalam menyajikan informasi terkait tahapan pilkada. “Kita mencoba mengadakan survey secara onlline bagaimana gambaran publik tentang pilkada yang dilaksanakan ditengah pandemi.” dikatakan oleh peneliti Litbang Kompas Yohan Wahyu yang juga sebagai narasumber pada acara ini.

Dipaparkan oleh Yohan 6.712 responden dari 34 provinsi ada sebanyak 5.371 responden yang menjawab pertanyaan dan sebanyak 67,7 persen khawatir terhadap penyelenggaraan pilkada di tengah pandemi dengan resiko penularan COVID-19. “Untuk itu KPU perlu aktif dalam memberikan konten-konten informatif tahapan pilkada sesuai regulasi protokol kesehatan melalui Public Relation penyelenggara yang berkualitas, karena ini akan menentukan partisipasi masyarakat pada pilkada yang dilaksanakan ditengah pandemi.” Pungkasnya.